Manfaat habbatussauda
Sumber: nibble.id

Hai Sobat Catatan Yustrini, menjaga kesehatan di tengah kesibukan merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satunya kita bisa memanfaatkan kebaikan herbal yang dihadirkan oleh Sido Muncul Natural Jinten Hitam

Sudah banyak masyarakat Indonesia yang merasakan kebaikan herbal yang dihadirkan oleh Sido Muncul Natural. Menggabungkan pengobatan tradisional nenek moyang dengan praktik ilmiah modern, membuat manfaat herbal jadi lebih terjaga. 

Jinten Hitam atau yang biasa kita sebut juga Habbatussauda, merupakan rempah-rempah yang dapat digunakan untuk menambah citarasa masakan seperti gulai, opor dan jenis masakan India atau Arab. 

Selain digunakan untuk bumbu masakan, jinten hitam juga dipakai sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Bahkan sejak dulu, jinten hitam atau habbatussauda ini dipercaya sebagai obat segala penyakit, kecuali maut. 

Manfaat luar biasa dari Jinten Hitam ini bisa kita rasakan dalam kemasan modern Sido Muncul Natural Jinten Hitam. 

Mengenal Jinten Hitam dan Manfaat Luar Biasa bagi Kesehatan Tubuh 

Manfaat jinten hitam
Sumber: satuharapan.com

Telah dipakai sejak ribuan tahun sebelum masehi untuk pengobatan dan bumbu masakan, jinten hitam ini ternyata berbeda dari jinten putih. Bila jinten putih berasal dari tanaman Cuminum cyminum. Maka jinten hitam berasal dari tanaman berbunga tahunan Nigella Sativa dari keluarga Ranunculaceae.  

Nigella Sativa merupakan tanaman asli dari daerah Asia Selatan, Asia Barat, Eropa Timur dan Timur Tengah. 

Kerap dijadikan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami dalam berbagai masakan India dan Timur Tengah. Rasa dari jinten hitam ini sedikit pahit, getir, dan agak pedas, seperti perpaduan bawang merah, lada hitam dan oregano. Jinten hitam berbentuk butiran biji berwarna hitam. 

Nama lain dari jinten hitam adalah habbatussauda, black cumin, nigella, kalojeera, kalonji atau kalanji. Dalam bahasa Inggris, habbatussauda disebut black seeds atau black caraway. 

7 Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan

Habbatussauda
Sumber: nibble.id

Jinten hitam sudah digunakan untuk pengobatan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Dilansir dari wikipedia, manfaat habbatussauda diteliti pertama kali oleh Ibnu Sina, seorang ilmuwan Persia yang hidup di tahun 980 - 1037 M. Dalam jurnal medisnya, yang berjudul "Canon of Medicine" beliau menulis bahwa jinten hitam bermanfaat untuk pengobatan asma atau masalah pernapasan lainnya. 

Dioscorides, seorang ahli pengobatan Yunani kuno pada abad pertama Masehi juga menulis manfaat jinten hitam untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan. 

Habbatussauda kaya akan antioksidan, kandungan karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, asam oleat dan asam linoleat, serta beberapa senyawa lainnya. Jinten Hitam mengandung senyawa aktif utama, thymoquinone yang berperan sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan sifat terapeutik. Berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis. 

Berikut adalah manfaat habbatussauda atau jinten hitam

1. Menjaga kesehatan pernapasan 

Nutrisi pada tanaman jinten hitam bekerja mengurangi peradangan dan mengendurkan otot saluran pernapasan. Sehingga dapat meredakan gejala asma dan masalah kesehatan pernapasan lainnya. 

2. Mengontrol Penyakit Degeneratif

Jinten hitam diketahui dapat mengurangi kadar gula darah, tekanan darah, dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Para peneliti percaya bahwa ekstrak jinten hitam dapat menjadi alternatif pengobatan diabetes selain insulin. 

3.  Mengatasi peradangan dan mencegah kanker

Obat herbal ini juga bisa mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti sinusitis, alergi, dan radang sendi. Sifat antiinflamasi pada jinten hitam mampu membantu mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. 

Peradangan dalam tubuh bila tidak segera ditangani bisa memicu penyakit kronis seperti jantung, diabetes dan kanker. 

Senyawa antioksidan etanol yang terkandung dalam jinten hitam dapat menghambat berkembangnya sel kanker. 

4. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan senyawa thymoquinone pada jinten hitam mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan merangsang pertumbuhan jaringan. Sifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan pada herbal ini, bisa membantu mengatasi luka bakar, dan luka akibat penyakit diabetes. 

5. Mendukung kesehatan kulit dan rambut

Sifat antimikroba dan anti inflamasinya bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti, jerawat, kulit kering, dan eksim. 

Selain kesehatan kulit, minyak habbatussauda juga bisa dipakai sebagai masker rambut alami. Kandungan antioksidannya membantu rambut jadi lebih sehat, kuat, bersinar dan tumbuh lebat. 

6. Meningkatkan daya ingat 

Kandungan thymoquinone dalam herbal jinten dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Juga efektif mengurangi peradangan dan stress di otak, sehingga bisa mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. 

Sedangkan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3) dalam jinten hitam, merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan kreativitas sel otak agar tidak cepat pikun, walaupun masih perlu penelitian lanjutan.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jinten hitam dapat membuat produksi sel darah putih di sumsum tulang belakang meningkat dan membuat kerjanya lebih aktif. Sehingga ampuh untuk melawan beragam infeksi. 

Selain itu, jinten hitam memiliki sifat antimikroba yang membuat tubuh jadi lebih kebal terhadap virus dan bakteri. Termasuk melawan ancaman covid-19 yang baru-baru ini kembali melonjak kasusnya di Singapura.

Jinten hitam berperan penting karena mengandung/bersifat imunomodulator, yaitu obat yang mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak gampang sakit. 

Suplemen Herbal Sido Muncul  Natural Jinten Hitam

Sido muncul natural jinten hitam


Bagi kalian yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh, menambah stamina, menjaga kesehatan pernapasan, tekanan darah dan gula darah tetap terkontrol hingga ingin menghempaskan kolesterol jahat dalam tubuh, maka Sido Muncul Natural Jinten Hitam merupakan jawaban yang tepat. 

Mengandung ekstrak jinten hitam (Nigella Sativa Ekstrak), Amilum dan Silicone Dioxide. Suplemen herbal alami ini cocok diminum bagi orang yang tinggal di kota dengan tingkat polusi tinggi. 

Sido Muncul Natural Jinten Hitam pun bisa membantu program hamil, karena kandungan antioksidan dan fitokimianya membantu meningkatkan hormon pada pria dan wanita, menjaga kualitas sel telur dan mencegah infertilitas. 

Kita bisa minum 2x sehari 1 kapsul atau sesuai dengan anjuran dokter. Tubuh jadi lebih sehat dan bugar serta terhindar dari masalah sakit-penyakit. 

Dibuat dari ekstrak jinten hitam asli, dan  diproses dengan Teknologi Low Temperature Extraction System yang membuat kandungan fitokimia dalam jinten hitam tetap terjaga, Sido Muncul Natural Jinten Hitam menjadi jawaban bagi kalian yang ingin merasakan khasiat nyata dari jinten hitam untuk kesehatan. 

Simpanlah produk pada tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung, di bawah suhu 30°C. Serta jangan lupa untuk selalu membaca aturan pakai dalam kemasan, agar kita bisa merasakan khasiat suplemen herbal dengan aman. 

Referensi:

- https://www.satuharapan.com/read-detail/read/jintan-hitam-penyembuh-berbagai-penyakit

- https://www.halodoc.com/artikel/disebut-jintan-hitam-ini-9-manfaat-habbatussauda-bagi-kesehatan

- https://www.nibble.id/fungsi-jintan-hitam/

- https://www.sidomunculnatural.com/shop/jinten-hitam/

- https://www.sidomunculnatural.com/blog/mengulik-ragam-fakta-di-balik-manfaat-jinten-hitam/  



0 Komentar