Halo semuanya, semoga Sobat Catatan Yustrini dalam keadaan sehat dan banyak rejeki ya, amin. 

Beberapa waktu lalu saya sudah memberanikan diri ikut kelas belajar ngeblog bareng BRT lagi. Ya, karena habis lahiran, saya belum berani ikut kelas, karena bocil pasti ikutan sibuk kalo mamanya ada kegiatan. Puji Tuhan semua berjalan lancar meski ada drama rebutan HP hihihi. 

Dan ini dia cuplikan materi yang didapat: 

SEO Checklist for Blogger, Winning the Serp

Narasumber kali ini adalah Mas Miftahul Khoir, seorang AVP of Digital Performance and Marketing Bussiness di KlikDokter. 

Beliau menceritakan pengalaman kerjanya selama ini, termasuk sebagai content writer. Banyak hal yang Mas Mifta dapatkan dari sana, termasuk bagaimana menerapkan SEO checklist untuk memenangkan pencarian di mesin penelusuran. 

SEO adalah hal yang penting untuk diperhatikan dan dipelajari terus, karena akan terus berubah dan terus berkembang. Ada banyak cara blogger untuk belajar SEO, diantaranya dengan mengikuti kelas atau boothcamp. 

Fungsi dari SEO Checklist adalah untuk mengetahui apa saja yang sudah dilakukan agar website dapat muncul di posisi ketiga, kedua bahkan teratas di mesin pencarian. 

Skill Dasar Konten Writer 

Yang perlu dikuasai oleh seorang konten writer adalah bisa menghasilkan konten yang memiliki value bagi pembaca. Konten writer harus punya ide-ide kreatif dan menarik untuk konten mereka. 

Konten writer juga harus solutif, memahami tools dan cara kerja search engine. 

Pengembangan Topik Halaman

- Brainstroming : seorang blogger harus bisa menghasilkan ide-ide segar dan inovatif untuk menulis konten.
- Storytelling : mengemas konten dengan gaya narasi yang memikat para pembaca. Sehingga pembaca merasa nyaman dalam membaca dan tak ada jeda untuk merasakan bosan. Misal pada website backlinko.com.
- Base on Data : selalu menulis konten berdasarkan data. Seperti pada KlikDokter, dalam 3-4 artikel pasti saling berkaitan keyword-nya atau turunan artikel dari satu tema tertentu.

Bagaimana Memenangkan Posisi Serp? 

- Buat target utama blog 
Kita harus tahu mau bikin blog kita seperti apa? Apa target bisnis kita, temanya, sasaran pembacanya? Buat artikel yang saling berkaitan, saling mendukung.
-jangan utamakan SEO
Nggak usah ribet dengan SEO, masukin keyword, url link, karena yang baca artikel kita adalah manusia.
-pahami audience anda 
Bikin konten yang menarik pembaca anda. 

Yang harus diperhatikan adalah 
1. Navigasi Website 

- Pastikan website kita bisa di-crawling oleh Google. Ijinkan Google membaca semua isi halaman website dan mengingatnya. 

- Pastikan navigasi halaman jelas, ada kategori, breadcrumb dan linking. 

- Perhatikan user experience memuaskan, mulai dari kecepatan pemuatan halaman, readibility, dan ketersediaan halaman, 

Terapkan Rumus E-E-A-T 

Selain hal-hal yang di atas, kita juga dapat menerapkan rumus E-E-A-T yaitu: 

Experience: Konten yang ditulis berdasarkan pengalaman atau pendapat pribadi si penulis. 
Expertise: Konten yang ditulis oleh ahli, atau si penulis memiliki kredibilitas, pengetahuan dan pendidikan sesuai dengan topik yang ditulis.
Authoritativness: Reputasi website di kalangan pakar atau influencer, kewenangan seseorang membahas topik You Money Your Life atau yang sedang hangat.
Trustworthiness: Bangun kepercayaan pembaca dengan membuat konten yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Penting juga untuk memerhatikan Scema Data yaitu sebagai jembatan antara Google dan blog kalian untuk membaca isi halaman lebih teliti lagi. 

Scema Data terdiri dari artikel, postingan blog, person dan website. 

Saat ini sebagian besar pengguna Google menggunakan handphone untuk melakukan sebuah pencarian. Dan Google sudah membuat fitur untuk menjawab sebuah pertanyaan dengan informasi penting. Hal ini membuat potensi user memasuki website jadi sangat kecil.

Oleh karena itu, penting sekali membuat artikel yang lebih mendalam dan detail demi menjawab kebutuhan user. 

Diperlukan juga analisis terukur untuk mengetahui bagaimana sebuah konten mendapatkan kunjungan. Kita bisa manfaatkan tools seperti Google Search Console, GA-4, Ahrefs, dsb. 

Dan yang terpenting bangun audiens yang loyal dengan membuat konten semenarik mungkin, karena yang baca itu manusia bukan robot. Buat interaksi, jawab komentar, buat artikel saling berkaitan, buat turunannya. Bikin kolaborasi, umpan balik. 

Jaga agar selalu konsisten untuk bikin artikel baru, satu hari satu artikel misalnya. Buat secara teratur. 

Tawarkan konten eksklusif, diskon, atau manfaat lain untuk audiens yang loyal. 

Checklist SEO memang perlu, tapi tidak wajib semua harus dilakukan. Buat sesuai kebutuhan saja, ini perlu atau enggak. 



0 Komentar