Manfaat kolagen


Sobat Catatan Yustrini, kita sering mendengar tentang kolagen untuk merawat kecantikan dan bikin awet muda. Ternyata manfaat kolagen nggak cuma itu aja lho! Ada banyak sekali manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh. 

Di artikel ini kita akan membicarakan tentang kolagen, manfaat, dan bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen meskipun usia makin bertambah. 

Apa itu Kolagen? 

Kolagen adalah protein berserat tidak larut yang paling banyak jumlahnya dalam tubuh. Kolagen merupakan protein alami dalam tubuh yang menyusun kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen. Jumlahnya kurang lebih sepertiga dari seluruh protein dalam tubuh.Terdapat setidaknya 16 jenis kolagen di dalam tubuh dengan struktur dan fungsi yang berbeda-beda. 

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan semakin menurun. Bila produksi kolagen ini makin menurun, tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah di kulit, seperti flek hitam, munculnya garis halus, kerutan di wajah, alias timbul gejala penuaan. 

Ya, fungsi kolagen ini sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, jika kamu masih ingin terlihat unyu-unyu alias awet muda, maka wajib banget untuk tetap menjaga produksi kolagen. Tapi ternyata manfaat kolagen nggak cuma bikin awet muda lho, ada segudang manfaat dari kolagen ini! Apa saja? 

Segudang Manfaat Kolagen Selain Awet Muda 

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Kolagen dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penipisan rambut. Kolagen juga berperan penting sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan folikel rambut akibat paparan radikal bebas.

2. Membantu mengurangi nyeri sendi

Untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada persendian, kita bisa memanfaatkan suplemen kolagen. 

Mengonsumsi makanan berkolagen dapat membantu perbaikan tulang rawan dan memiliki efek antiinflamasi.

3. Menjaga kesehatan usus

Kolagen juga bisa mengatasi masalah kesehatan usus. Kolagen juga berperan sebagai bagian jaringan ikat yang membentuk usus besar dan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Punya masalah jantung? Kita bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan mengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen.

Protein ini bisa melunakkan penumpukan kolesterol di dinding arteri.

5. Membantu menguatkan tulang

Salah satu fungsi kolagen yang sangat penting bagi tubuh adalah membentuk struktur tulang dan menguatkan tulang. 

Menurut penelitian yang dilakukan selama 12 bulan pada wanita pascamenopause yang mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D dan suplemen kolagen memiliki kadar protein darah yang baik, dibanding mereka yang hanya mengonsumsi kalsium dan vitamin D tanpa kolagen.

Selain itu, mengonsumsi minuman kolagen juga bisa mencegah osteoporosis dan menurunkan resiko terjadinya patah tulang.

6. Membantu penyembuhan luka

Kolagen mampu untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara merangsang pembentukan sel-sel baru di area luka. Kolagen bisa diberikan untuk membantu penyembuhan luka bakar, luka kronis, luka pembusukan dan kulit yang ditransplantasi.

7. Membantu meningkatkan massa otot

Rajin mengonsumsi kolagen setiap hari juga dapat membantu meningkatkan massa otot. Terutama jika diimbangi dengan olahraga secara teratur.

8. Melindungi ginjal dan organ lainnya

Kolagen berperan untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga elastisitas dan kekencangan jaringan ikat dalam tubuh. Sehingga kolagen pun bermanfaat untuk melindungi fungsi organ tubuh seperti ginjal dan organ lainnya.

9. Mengurangi selulit

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan bahwa kolagen dapat mengurangi kulit tidak rata dan bergelombang. Dan penelitian lain membuktikan bahwa kolagen bermanfaat untuk mengurangi selulit. 

Selulit adalah timbunan lemak yang berada di bawah lapisan kulit yang mendesak ke atas sehingga terlihat di permukaan kulit. Timbunan tadi terĺihat seperti guratan atau garis pecah-pecah. Biasa terjadi pada perut, pantat, paha dan lengan. 

10. Mengatasi jerawat 

Punya masalah wajah berjerawat? Cobalah nengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen seperti Aurora Saffron Collagen. Kolagen dapat membantu memulihkan luka yang diakibatkan oleh jerawat serta membentuk jaringan kulit yang sehat.

Penyebab Kolagen Menurun

Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh makin menurun. Memang setiap hari, kulit bekerja menghasilkan kolagen secara alami. Namun, ada beberapa faktor yang membuat produksi kolagen makin menurun di samping pertambahan usia Berikut adalah penyebab produksi kolagen jadi menurun: 

1. Paparan sinar matahari

Meski terkenal dengan manfaat vitamin D untuk tubuh, paparan sinar matahari atau sinar UV yang berlebihan pun bisa merusak kulit. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar UV mampu memecah kolagen yang berada di lapisan kulit paling dalam. Sehingga kulit menjadi kendur dan keriput. 

Sinar UV juga bisa dapat mengurangi enzim antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas. Sehingga bila terpapar sinar UV berlebihan akan memengaruhi kesehatan tubuh juga. 

2. Kebiasaan merokok

Bahan kimia yang terdapat pada asap rokok dapat menyebabkan produksi kolagen menurun. Ketika kulit bersentuhan dengan asap rokok maka pembuluh darah akan menyempit dan menghambat aliran darah. Hal ini bisa menyebabkan kolagen menjadi rapuh, kering dan akhirnya mati. 

3. Asupan gula berlebih

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis sebaiknya dikurangi jika kamu tetap mau awet muda. Asupan gula berlebih bisa menyebabkan kolagen makin berkurang. 

Karena asupan gula berlebih dapat membentuk molekul pada protein yang menyebabkan kolagen lemah, kering dan rapuh. 

Jadi, batasi konsumsi makanan dan minuman manis agar produksi kolagen dalam tubuh tetap terjaga. 

4. Kurang tidur

Pola tidur yang tidak teratur dapat menurunkan produksi kolagen. Meski terdengar sepele, kurang tidur ini dapat meningkatkan hormon kortisol yang bisa memicu kerusakan kolagen. 

Hormon kortisol adalah hormon stress yang membantu tubuh merespon stress. Bila diproduksi terlalu banyak, bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti, meningkatnya tekanan darah, memicu diabetes hingga rusaknya kolagen yang menyebabkan kulit jadi keriput. 

5. Penyakit autoimun

Memiliki riwayat penyakit autoimun juga bisa menyebabkan produksi kolagen menurun. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit autoimun ini adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh yang sehat, salah satunya jaringan yang memproduksi kolagen. 

Kondisi autoimun yang bisa menyebabkan penurunan kolagen adalah Lupus, Reumatoid Arthritis, dan Skleroderma. 

6. Kurang nutrisi

Kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan produksi kolagen jadi menurun. Tubuh membutuhkan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, zinc dan asam amino untuk memproduksi kolagen.

7. Kelainan genetik 

Penyebab kolagen menurun lainnya adalah adanya kelainan genetik seperti sindrom Ehlers-Danlos. 

Kelainan genetik dapat menurunkan kadar kolagen dalam tubuh dengan cara menurunkan fungsi kolagen itu sendiri. Sehingga manfaat kolagen tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

Untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh agar tetap sehat dan awet muda adalah dengan melakukan hal-hal berikut: 

1. Konsumsi kaldu tulang

Kaldu tulang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi. Kaldu tulang terbuat dari tulang ayam, sapi, atau ikan yang direbus lama mengandung banyak kolagen dan juga banyak mineral seperti, kalsium, magnesium, fosfor, dan glukosamin. 

2. Menerapkan gaya hidup sehat

Cara selanjutnya agar produksi kolagen tetap berjalan baik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Contohnya adalah tidur cukup, makan makanan yang bergizi, rutin makan sayur dan buah, minum air putih yang cukup, tidak merokok, dan rajin berolahraga. 

Gaya hidup sehat akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit dan juga bagi tubuh. 

3. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis

Minuman dan makanan manis menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh menurun. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis biar kamu tetap glowing. 

4.  Hindari paparan sinar matahari

Sebaiknya hindari terpapar sinar matahari secara berlebihan. Gunakan sunscreen agar kulit tetap terlindungi bila harus beraktifitas di luar ruangan. 

5. Konsumsi minuman berkolagen

Mengonsumsi minuman kolagen dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh. Salah satunya ada Aurora Saffron Collagen, minuman serbuk saffron collagen pertama di dunia. Produk ini bebas bahan pengawet dan bebas bahan olahan susu. 

Aurora Saffron Collagen

Aurora saffron collagen


Aurora Saffron Collagen adalah minuman serbuk yang mengandung Saffron dan kolagen pertama di dunia. Diproduksi berlandaskan penelitian ilmiah dan konsistensi, Aurora Saffron Collagen sangat terjamin kualitasnya. Dan sudah memiliki sertifikat BPOM dan Halal MUI. 

Manfaat Aurora Saffron Collagen

1. Membuat kulit kenyal, mencerahkan kulit, dan menyamarkan garis halus dan kerutan
2. Melindungi tubuh dari Radikal bebas. 
3. Meningkatkan sistem imun
4. Menjaga kesehatan jantung dan pencernaan
5. Merawat persendian dan sistem saraf
6. Meringankan nyeri haid dan migrain
7. Mendetoks tubuh dari racun 

Sesuai namanya, Aurora Saffron Collagen terinspirasi dari peristiwa alam Aurora Borealis, di mana ada pancaran cahaya yang menari-nari dan menghiasi langit malam dengan keindahannya. 

Diharapkan dengan nama itu, Aurora Saffron Collagen dapat membuat konsumennya sehat dan memancarkan cahaya berseri sepanjang masa. 

Kandungan Aurora Saffron Collagen


Ada 8 bahan alami yang terkandung dalam minuman kolagen ini. 

Hydrolyzed Fish Collagen 500mg 

Ada 500mg kolagen ikan terhidrolisis dalam setiap sachetnya. Bahan ini merupakan protein penting bagi tubuh dalam menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah dan persendian. 

Bermanfaat untuk mengencangkan kulit, menjaga elastisitas dan hidrasi kulit, menjaga kesehatan persendian, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlambat penuaan dini. 

Saffron

Merupakan rempah termahal di dunia. Memiliki antioksidan yang kuat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan saraf, mengandung anti kanker, mengontrol berat badan, dan meringankan nyeri haid. 

Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan kulit, merangsang pembentukan kolagen, mengencangkan kulit, menjaga jaringan sel tetap sehat dan menangkal efek buruk sinar UV. 

Mix Berries 

Campuran dari Blueberry, Strawberry, Rasberry, Blackcurrant, dan Redberry yang mengandung antioksidan tinggi dan mencegah penuaan dini. Menjaga daya tahan tubuh, merangsang produksi kolagen, melindungi sel dari radikal bebas. 

Ekstrak Delima (Pomegranate Extract) 

Ekstrak delima bermanfaat untuk menyamarkan tanda penuaan dini dan menjaga kesehatan jantung. Mencerahkan kulit, memelihara kelembapan kulit, menurunkan kolesterol, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. 

L-Glutathione

L-Glutathione juga diproduksi oleh hati. Berfungsi untuk melindungi sel dari radikal bebas, mendukung regenerasi sel, membantu detoks racun, dan mencerahkan kulit. 

Prebiotik Inulin

Prebiotik alami yang bermanfaat untuk membuat pencernaan lancar dan sehat, mengandung tinggi serat, mengontrol berat badan ideal, melancarkan gejala sembelit, meningkatkan kerja bakteri baik dan menjaga kadar gula darah. 

Stevia

Stevia adalah pemanis alami yang terbuat dari tumbuhan. Rendah kalori, dan menjaga kadar gula darah. Menjaga berat badan tetap ideal, menjaga sistem pencernaan, menghambat pertumbuhan bakteri mulut, dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. 

Jadi ada cara aman untuk meningkatkan produksi kolagen supaya tak hanya jadi terlihat lebih awet muda, tapi tubuh pun jadi lebih sehat dan segar. Aurora Saffron Collagen sebaiknya diminum dengan air bersuhu ruang, agar manfaatnya lebih bisa dirasakan. 

Nah, itulah manfaat kolagen tak cuma awet muda namun ada segudang manfaat di baliknya! 


0 Komentar